Tips Aman Mudik Menggunakan Motor


Tips aman mudik menggunakan motor

Tips Aman Mudik Menggunakan Motor | Warung Modif -Untuk anda yang hoby touring, pasti tak asing dengan equipment harus berkendara. Tetapi tak salah kita replay lagi peralatan itu, supaya terlepas dari suatu hal yg tidak di idamkan. Berdoa dahulu sebelum berangkat dari rumah.

Motor mempunyai perhatian yang spesial dalam soal equipment keselamatan waktu berkendara. Bebeda dengan mobil yang cuma memakai sabuk pengaman. Motor mempunyai banyak peripheral yang butuh di perhatikan :

Helm. 
Ini equipment utama dari berkendara sepeda motor. Helm adalah alat keselamatan pertama saat berlangsung benturan keras. Isi kepala kita, lebih mahal daripada harga helm. So, beli helm dengan harga di atas 100rb tetap tergolong murah. Pastikan helm yang mudah di kepala serta sesuai sama ukuran kepala kita.
Sesuai sama Undang-undang No. 22 th. 2009 Perihal Lalu Lintas Serta Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8 : Seluruhnya pengendara sepeda motor serta penumpangnya menggunakan helm yang penuhi SNI. 
Tips aman mudik menggunakan motor
tanpa helm dan beban berlebih sangat berbahaya
Helm yang longgar bakal mengakibatkan rasa tak nyaman saat berkendara. Tentukan kaca helm yang bening, atau pelangi bisa asal yg tidak gelap sekali, penentuan ini bermanfaat waktu cuaca hujan deras serta malam hari. Kaca helm yang telah banyak goresan, baiknya selekasnya di ubah. Langkah bersihkan kaca helm dapat dibikin bersih dengan minyak kayu putih.

Jaket. 
Equipment ini tak hanya membuat perlindungan pengendara dari dingin serta panas, juga membuat perlindungan dari benturan waktu berkendara, baik dikarenakan lantaran jatuh, angin atau lemparan benda kecil. Pastikan jaket yang cocok untuk ukuran tubuh, tak terlampau longgar serta ketat. Jaket kulit benar-benar dianjurkan dalam berkendara, lantaran lebih tahan membuat perlindungan dari benturan. Jaket berbahan kain butuh mencermati ketebalan serta bahan. Jaket yang baik yaitu jaket yang menutupi tubuh pengendara, terhitung lengan serta leher. Apabila butuh, dapat menentukan jaket yang waterproof.

Masker. 
Masker membuat perlindungan pengendara dari asap serta bau saat berkendara. Masker yang baik, jika dapat menahan asap kendaraan serta nyaman di gunakan. Jika beli masker, coba dulu, cocokkan dengan ukuran kepala semasing. Menggunakan sleyer untuk pengganti masker tak dianjurkan, terkecuali terbuat dari material yang baik serta tak mengganggu pernafasan. Masker dianjurkan tutup hidung serta leher. Bersihkan masker yang ada sebelum saat pergi, supaya bau masker lebih harum serta bersih. Jika masker cuma tutup muka sisi bawah saja telah cukup, tetapi jika menggunakan masker hingga ke leher bakal tambah baik lantaran menahan leher dari angin

Kaos Tangan. Material ini menolong pengendara dalam soal handle kendaraan. Licinnya stang kemudi dapat di tangani dengan Kaos tangan. Sebagian type kaos tangan beredar di market, untuk pertimbangan : tentukan kaos tangan yg tidak terkalu kaku bahannya. Dapat pula menentukan kaos tangan yg tidak tutup seluruhnya jari. Yang pasti, saat menggunakan kaos tangan, kita dapat bebas mengerakkan jari-jari. Bahan dari semi kulit benar-benar dianjurkan, namun contoh bahan datang dari kain tidaklah kenapa.

Sepatu serta Kaos Kaki. 
Benar-benar dianjurkan, saat akan mudik menggunakan sepatu serta kaos kaki. Tak hanya nyaman, pengendara bakal terlindungi saat berlangsung benturan keras. Menggunakan sandal tak dianjurkan, terkecuali sandal itu memiiki kait pengaman serta membuat perlindungan nyaris seluruhnya ruang kaki (umum dimaksud sandal gunung). Automatis kaos kaki mesti ektra tidak tipis. Banyak saat berlangsung benturan, sandal lepas dari pengendara, hal semacam ini benar-benar disayangkan. Lantaran kaki adalah satu diantara sisi utama hadling berkendara yakni pengereman (untuk motor jenis manual).

Tas bagpack serta Traveling. 
Sudah pasti peripheral ini tidak terlepas dari pemudik. Anjuran yang utama saat banyak membawa barang yaitu kirim dengan layanan courier. Bagpack dianjurkan untuk tempat menyimpan barang yang utama saat perjalanan. Saat mesti memakai tas traveling, upayakan terikat kencang serta tak gampang jatuh. Cermati juga tali tas itu, jangan sempat terurai kemungkinan masuk ke dalam roda atau rantai. Jika menggunakan motor matic, silakan di simpan di depan. Untuk motor jenis cub bisa di depan, dengan di ikat yang kencang serta tak bisa melebihi tinggi stang kemudi. Dapat pula membawa Travel Pouches untuk menyiman barang yang kerap digunakan seumpama air serta dompet.

Raincoat. 
Untuk mempermudah gerakan serta handling kendaraan saat hujan lebat, pastikan raincoat yang jenisnya pakaian. Untuk jenis jubah tak dianjurkan. Teliti kembali situasi raincoat, apakah tetap dapat membuat perlindungan dari hujan atau telah bocor. Jika telah mulai bocor, janganlah tempel dengan isolasi, namun belilah baru. Coba menggunakan raincoat itu, upayakan cocok di tubuh. Menentukan raincoat bukan sekedar cocok ukuran saja, pastinya juga mencermati warna juga. Warna yang cerah bakal mempermudah pengendara lain mencermati laju kendaraan kita, serta bikin lebih waspada. Nah, untuk alternatif keamanan waktu hujan, WAJIB Menyalakan Lampu.

Rain Bagpack Cover. 
Peripheral ini bermanfaat membuat perlindungan bagpack saat hujan. Pilihan yang pas saat memakai raincoat pakaian sudah pasti tak dapat membuat perlindungan bagpack dari hujan. Nah, kita dapat menggunakan pelindungi tas itu. Pastikan rain bagpack cover sesuai sama ukuran tas, umumnya untuk bagpack ukurannya 30 liter. Memakai tas plastik kresek tak di sarankan, meskipun bisa menahan derasnya hujan, tetapi tak efisien menahan masuknya air ke dalam tas. Barang bernilai yang gampang basah paling pas untuk di bungkus plastik kresek, bukan hanya tas.

Tali Karet. 
Gunakanlah karet untuk mengikat bagpack atau tas traveling yang kita bawa. Tali rafia serta sejenisnya benar-benar tak dianjurkan. Kepada keadaan naik, getaran serta bergerak tali rafia gampang kendor. Yang paling aman dengan menggunakan tali karet yang dapat sesuaikan wujud tas yang di ikat. Cocokkan dengan ukuran barang yang di ikat. Atur kekencangan tali tengah dengan baik, tak terlampau kondor serta benar-benar kencang. Jika tak mesti menali di body motor bakal tambah baik.

Jam Tangan. 
Gunakanlah arloji untuk lihat berapakah saat yang telah kita tempuh. Dengan cara normal, berkendara tiap-tiap 2 jam diharuskan istirahat sebentar. Tubuh manusia relatif lelah dengan berkendara sepanjang itu. Nah, dengan menggunakan arloji, kita dapat mengatur kapan melaju serta istirahat. Meskipun telah ada Handphone, tak dianjurkan untuk lihat saat kendaraan melaju kencang, baik pengendara maupun pembonceng.

 
Lainnya
Perhatikan juga keselamatan anak anda ketika mudik, jangan sampai terjepit diantara barang bawaan dan tubuh orangtuanya, karena sudah ada kasus batita meninggal dunia karena kelelahan dan terjepit diantara tubuh kedua orangtuanya.
 
Tips aman mudik menggunakan motor
beri ruang yang cukup bagi anak
Tips aman mudik menggunakan motor
tanpa helm dan penumpang berlebih berbahaya
Ingat keluarga di kampung sudah menunggu, jaga jarak aman dan beristirahat jika sudah lelah. Semoga Perjalanan mudik Anda aman serta menyenangkan….

Previous
Next Post »