Cara Cepat Cek Kiprok Motor



Regulator Rectifier atau mungkin Silicon Controlled Rectifier yaitu nama keren dari kiprok. Alat ini berperan untuk menyearahkan arus bolak balik AC (Alternating Currentt) yang dihasilkan oleh magnet serta sepul jadi DC (Direct Current).

Diluar itu, kiprok ini masih tetap mempunyai manfaat lain. Yakni untuk mengatur kestabilan aliran alur listrik yang bakal diantar ke pengapian sesuai sama putaran mesin. Bila kiprok rusak, maka pengisian listrik aki bakal lemah serta lampu motor bakal meredup.

Untuk mengecek keadaan kiprok, langkahnya sangatlah gampang. Pertama nyalakan mesin motor serta biarlah menyala tanpa ada di gas sepanjang sebagian waktu. Kemudian sentuh kiprok dengan tangan, bila merasa hangat serta perlahan-lahan memanas bermakna kiprok dalam keadaan normal.

Demikian sebaliknya, bila mesin telah menyala sepanjang sebagian menit serta kiprok tetap masih saja dingin bermakna kiprok motor telah tak berperan lagi. Tetapi, sebelum saat ganti kiprok, check dahulu keadaan kabel serta soket yang menghubungkan sepul, kiprok serta aki. Yakinkan seluruhnya terpasang dalam situasi prima.

Previous
Next Post »