Begini Caranya Buat Onderdil Palsu Motor




Nada bising mesin bor bersahutan waktu mata gerinda beradu dengan bahan alumunium tidak tipis untuk bikin tuas rem. Percikan api keluar waktu pegangan rem itu bergesek dengan mata gerinda. Di samping ruang itu ada suatu ruang berperan juga sebagai gudang perakitan suku cadang yang lain, seperti kanvas rem.

Rumah si yang memiliki jadi satu dengan gudang perakitan. Bedanya, beberapa barang di gudang perakitan si yang memiliki adalah suku cadang jeroan sepeda motor. Harga nya bukanlah lagi beberapa puluh ribu, tetapi bernilai beberapa ratus ribu rupiah. " Dirumah bos berisi karburator, kiprok (pengatur arus listrik), klep, harga mahal, " kata salah satu pekerja, Mamat, nama samarannya.

Pabrik suku cadang palsu sepeda motor itu ada di lokasi perumahan terbilang elegan. Pengamanan pabrik itu dilengkapi dua anjing penjaga dengan pagar tinggi serta tertutup rapat. Di tiap-tiap pojok ruang dipasang kamera pengawas. Tidak tercium bila rumah itu berperan ganda, jadi pabrik sekalian gudan onderdil tiruan.

Dirumah itu pelaksanaan kanvas rem ditangani dengan cara manual. Ada dua bahan basic suku cadang diperoleh, dari pencurian pabrik serta pemesanan bahan basic suku cadang palsu impor dari Cina lewat jalur laut.

" Ada jebolan dari vendor pabrik Honda, kita bisa babetannya, tinggal kemas lagi saja, " tutur Mamat. Pembelian kongkalikong dengan orang dalam satuannya per kg. " Bos umum teliti nama penjualnya, ada tidak kerja di pabrik itu. "


Salah satu barang didapat dari orang pabrik, yakni kanvas rem. Suku cadang memiliki bahan asli cuma didapat dengan cara curian dari karyawan pabrik sepeda motor resmi. Beberapa barang itu dimaksud kangtao. Orang pabrik umumnya akan menghubungi si yang memiliki pabrik suku cadang asli bila barangnya telah terkumpul.

Tidak ada pengawas spesial untuk beberapa pekerja di pabrik suku cadang tiruan itu karena mereka terkunci dari luar. Juga sebagai pengawas, keluarga si yang memiliki pabrik turut menolong kerjakan penempelan label sambil mengintai beberapa pekerja. Mereka di beri sarana kamar buat beristirahat saban harinya.

" Ada playstation, kasur sama almari. Buat bila jatah libur bila tidak kemana-mana, " papar mamat. Tak ada jaminan kesehatan atau hitungan gaji kerja lembur.

Dirumah majikannya itu, tempat batangan besi kanvas rem dirakit dari barang 1/2 jadi jadi siap edar. Bekasnya suku cadang tinggal dikemas lagi komplit dengan tempelan label orisinal. " Kita dapat juga jual telanjang tidak gunakan paket, harga dapat turun tidak tebal, " tuturnya. Saban hari dapat ditargetkan hingga 150 set kampas rem.

Barang suku cadang imitasi memanglah jadi primadona. Terkecuali harga nya miring, pembelian juga gampang didapat. Bila barang palsu itu masuk bengkel resmi, sepeda motor customer akan keluarkan fulus lebih. Karena motornya akan keluar masuk bengkel.

" Mutunya lain, saat saat pakainya tidak sesuai sama barang asli. Pasti cepat rusak, " tutur Mamat.

Previous
Next Post »