Tips Berkendara Kendaraan Bermotor Jarak Jauh


melebihi beban dan tanpa helm
Kemacetan dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung serta kota yang lain, hingga saat ini belum juga terselesaikan. Walau jalan raya telah diperlebar serta di buat jalur spesial, kemacetan tetap saja kerap berlangsung. Ini berlangsung lantaran pertambahan jumlah pemakai kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor, terlebih beberapa pemakai sepeda motor yang makin meningkat.

Kenapa beberapa pemakai sepeda motor makin jadi tambah? Beberapa orang memiliki pendapat bahwasanya memakai sepeda motor benar-benar ekonomis, cost bahan bakar murah, serta bebas kendala lantaran benar-benar gampang menyalip kendaraan lain.

Dengan pertambahan pemakai sepeda motor, maka kecelakaan sepeda motor juga kerap berlangsung. Menurut data dari Media Indonesia korban tewas dalam beragam kecelakaan jalan raya sepanjang libur lebaran th. 2009 meraih 702 orang, 859 luka berat serta 1697 luka mudah. 71 % kecelakaan yang berlangsung melibatkan sepeda motor. Kenapa kecelakaan banyak menimpa pada pemakai sepeda motor? Ini berlangsung lantaran kurangnya mencermati keselamatan dalam berkendaraan atau Safety Riding. Oleh karenanya tanggung jawab utama untuk keselamatan di jalan ada dalam diri Anda sendiri.

berkendara tanpa helm berbahaya

Beberapa hal yang butuh di perhatikan dalam Safety Riding dalam mengendarai sepeda motor salah satunya ;
  • Sebelum saat lakukan perjalanan, teliti terlebih dulu keadaan kendaraan yang bakal digunakan. Bagian-bagian yang harus dikerjakan penelusuran yakni : bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai/aki, baut mur, kaca spion, kopling serta rem.
  • Yakinkan STNK, Surat Sinyal Nomer Kendaraan senantiasa dibawa untuk bukti bahwasanya kendaraan yang digunakan legal
  • SIM, Surat Izin Mengemudi senantiasa dibawa untuk bukti untuk mengendarai kendaraan
  • Pakai helm standard, kaca helm mesti bersih, helm dapat full face atau half face.
  • Pakai sarung tangan yang gampang menyerap keringat dan tak licin waktu memegang handle motor, tambah baik lagi apabila dilengkapi bahan keras di bagian depan tangan
  • Gunakan jaket yang dapat membuat perlindungan semua sisi badan baik dari terpaan angin ataupun waktu berlangsung benturan baik kecil ataupun besar, apabila butuh gunakan rompi spesial. Pikirkan juga ventilasi yang baik supaya jaket nyaman dipakai.
  • Bila berkendara dalam situasi gelap, sebaiknya memakai jaket/rompi dengan warna fluorecent.
  • Pakai jas hujan yang terpisah (atasan+celana) dengan bahan yg tidak mudah sobek serta tak tembus air.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan aman untuk semua susunan kaki. Minimum menutupi daerah mata kaki. Janganlah lakukan memakai sandal waktu berkendara.
  • Jangan Membawa beban berlebihan, apalagi berboncengan dengan lebih dari 3 orang.
  • Dengan mentaati rambu-rambu serta lampu pengatur lalu-lintas. Melindungi norma serta kewaspadaan waktu berkendara. Serta yang paling utama yaitu membiasakan diri sendiri mengaplikasikan prosedur standard keamanan serta keselamatan berkendara di jalan raya. Hal semacam ini diperlukan untuk kurangi angka kecelakaan.

Previous
Next Post »