5 Teknologi yang Trend pada Modifikasi Motor



Tidak cuma sebatas ganti bodi, atau penampilan saja, dalam dunia modifikasi sepeda motor di Indonesia juga telah mulai tumbuh. Saat ini telah banyak yang mengkombinasikannya dengan tehnologi.

Tetap sekitar serba 5, menurut punggawa bengkel modifikasi, Baru Motor Sport (BMS), Ariawan Wijaya, sekurang-kurangnya ada 5 tehnologi yang kerap dipakai dalam modifikasi sepeda motor oleh beberapa modifikator di Indonesia.

Nah, ingin tahu apa saja 5 tehnologi itu? Yuk kita simak berbarengan penjelasannya!

Air Suspension

Menurut Ari, telah banyak modifikator-modifikator di Indonesia yang menggabungkan modifikasi dengan Air Suspension terlebih pada motor-motor matik. Satu diantaranya kerap diterapkan di motor Honda PCX.

" Namun cuma di beberapa orang yg tidak mengetahui duit atau cuma untuk kontes semata saja. Jadi motor itu dapat naik turun sendiri serta pemasangannya itu sendiri benar-benar mahal, " ungkap Ari.

Sekurang-kurangnya, lanjut Ari bila pingin memakai tehnologi ini Anda mesti merogoh kocek sekurang-kurangnya Rp 20 juta. Serta tidak jarang digunakan penggila kontes modifikasi supaya tampak lain serta mempunyai inovasi moderen didunia modifikasi motor.

Spinner Wheel

Tehnologi yang tidak kalah menariknya serta memanglah banyak dipakai didunia modifikasi yaitu Spinner Wheel. Umumnya kata Ari tehnologi ini dipakai di motor matik bongsor seperti di PCX dengan haya low rider.

" Gue dahulu dulu buat di Honda PCX 150 alirannya low rider dengan memakai Spinner Wheel jadi rodanya tampak keren bila tengah jalan, " tukas Ari.

Tehnologi ini sebanarnya gampang cuma ganti peleknya dengan memakai pelek jenis memutar. " Kesannya agar lebih premium saja, " tuturnya lagi.

Full Lighting


Tak hanya Air Suspension, tehnologi yang juga lagi ngetren dipakai oleh beberapa modifikator yaitu Full Lighting. Ya, tehnologi ini kata Ari adalah tehnologi teranyar di mana semua sepeda motor dipenuhi dengan lampu.

" Jadi akan motor apa saja dapat memakai tehnologi Full Lighting ini. Motornya jadi menyala lantaran dipenuhi dengan lampu serta dapat dipakai di seluruh type motor, " tutur Ari.


Lithium Battery

Lalu tehnologi aki pada motor. Kerapkali aki di motor itu mempunyai bobot yang cukup besar jadi motor jadi lebih berat. Saat ini ada tehnologi dengan memakai Baterai lithium yang tambah lebih mudah.

Umumnya beberapa orang memakai baterai lithium dari Sorai yang mempunyai wujud kecil serta mudah namun mempunyai kemampuan volt yang tinggi hingga dapat menolong motor jadi lebih mudah serta tentunya kuat.

" Dari harga memanglah lain jauh dengan aki umum namun mutu serta fungsinya lebih terjamin baterai lithium yang ini, " ujarnya.


Kopling Hidrolik

Tehnologi yang tidak asing lagi di telinga yaitu kopling hidrolik yang umumnya dipakai oleh motor-motor gede. Nah, kadang-kadang motor lain yang tetap memakai kopling kabel pingin memakai kopling hidrolik.

Lanjut Ari, kopling hidrolik langkah kerjanya memakai tenaga hidrolis untuk menghimpit pegas kopling hingga pelat kopling terlepas dari jepitan tekanan di gearbox.

" Keuntungannya memanglah lebih mudah terlebih bila dipakai sehari-hari serta touring. Namun tak bila dipakai di balapan lantaran gampang slip, " kata Ari.

Ari merekomendasikan bila memakai kopling hidrolik mesti yang asli serta berkwalitas supaya tak gampang rusak. " Harga nya lebih kurang Rp 5 juta hingga Rp 7, 5 juta bergantung mereknya apa dahulu, " imbuhnya.


Previous
Next Post »