Panduan Hemat BBM dalam berkendara




Gagasan pemerintah untuk menaikkan harga bbm bersubsidi menyebabkan kecemasan dampak domino pada harga-harga barang lain sebagai keperluan pokok. pada mulanya, presiden susilo bambang yudhoyono mengaku tengah memikirkan dua opsi menangani defisit biaya akibat subsidi bahan bakar minyak.
Nampak kemungkinan bahwa pemerintah dapat menaikkan harga jual premium jadi amat besar. tentunya kita mesti terima bila sudah ditetapkan harga bbm mesti naik. tetapi saat ini bagaimana mesti menyikapinya supaya biaya cost tempat tinggal tangga tidak membengkak akibat bbm naik.

Menyikapi kenaikan bbm, jusri pulubuhu, praktisi & pemerhati road safety – lead driving & motorcycle instructor jakarta defensive driving consulting ( jddc ) – crash free international berikan tips-nya menghemat bbm. berikut tricknya :

Tingkah laku eco driving/riding
Melakukan ekonomisasi tidak saja saat tengah berkendara namun bisa dimulai dari waktu berencana sesuatu perjalanan, terhitung paska perjalanan. untuk memaksimalkan hasil ekonomisasi ini motorist serta pengemudi mesti mempunyai rencana tingkah laku eco driving/riding yang perlu jadi sisi kehidupan sehari-harinya.

Rencana tersebut diatas merupakan gabungan tingkah laku pra-perjalanan serta tehnik mengemudi ekonomis yang kerap dimaksud dengan eco driving/riding, yakni sesuatu langkah mengemudi yang membuahkan penghematan mengonsumsi bbm. lantas pengurangan emisi gas buang, pengurangan polusi udara, menambah umur gunakan part, serta pengurangan potensi risiko kecelakaan.

Ini bisa tampak dari tingkah laku pengemudi/pengendara yang bisa memaksimalkan fitur-fitur teknologi yang ada pada kendaraannya, mengemudi dengan halus, serta nyaman. bila kesemuanya ini dikerjakan bisa menghemat mengonsumsi bbm sampai 5 hingga10 %.


Berencana perjalanan
bukan hanya asal bergerak, dalam kondisi harga bbm yang tinggi, ekonomisasi dimulai dari rencana perjalanan. berikut panduan serta trik yang bisa dikerjakan.

1. Kepentingan 
Lakukan ajukan pertanyaan keperluan sesuatu perjalanan yang dapat dikerjakan, bisakah diganti dengan opsi menelpon atau diganti dengan opsi kirim sms, e-mail, bbm-an ( blackberry messenger ).

Bila sangat mungkin dipending pada jam-jam yang tidak repot, hindari kemacetan daripada mesti bersua atau lakukan perjalanan pada waktu tersebut. intinya urgensi sesuatu perjalanan mesti jadi pertimbangan.

2. Kendaraan
Mulai membiasakan untuk mengambil keputusan tak hanya kendaraan pribadi, moda transportasi umum, transportasi perusahaan ( shuttle ) sebagai opsi. moda transportasi umum dalam kota yang semakin cukup layaknya trans jakarta, krl, shuttle bus telah bisa jadi pertimbangan untuk rute -rute komuter ( tempat tinggal – kantor pp ) bisa dipilih sesekali.

Bila fleksibilitas moda transportasi umum tersebut terbatas maka, kendaraan pribadi bisa jadi opsi paling akhir. baiknya anda memperhitungkan sarana shuttle bus yang disiapkan perusahaan, meskipun konsekwensi terbatasnya fleksibilitas mesti jadi pilihan.

3. Rute
Bila opsi paling akhir kendaraan pribadi yaitu opsi terbaik, maka lakukan untuk memilah-milah rute untuk menentukan jalur terbaik. terkadang rute melebar dengan jarak yang lebih panjang berikan hasil ekonomisasi pada mengonsumsi bbm kendaraan.

Rute sepi serta lenggang dapat berikan penghematan bbm daripada rute pendek tetapi mempunyai waktu tempuh lebih lama, beban kerja mesin makin berat. rute stop and go didalam kota dapat kuras daya mesin semakin besar yang beresiko mengonsumsi bbm meningkat.

4. Waktu
Waktu vs kemacetan seakan 11 – 12. anda mesti mencermati jam-jam repot pada rute komuter anda maupun pada rute perjalanan yang dapat dilewati. memelihara rutinitas ini dapat amat beruntung baik dari ekonomisasi bbm ataupun tindakan antisipasi pada peluang kecelakaan.

Mengawali untuk memperhitungkan rutinitas berbagi transportasi pada rute-rute komuter ( tempat tinggal – kantor, tempat tinggal – sekolah, tempat tinggal - universitas ). sekarang ini pola berbagi transportasi di kota-kota besar layaknya jakarta, surabaya serta bandung telah tidak asing lagi di mana sebagian orang yang ada disuatu area berbarengan berangkat ke kantor memikul cost bbm dengan berbarengan atau berikan duit pengganti pada pemilik kendaraan yang dikeroyok untuk dipakai.

5. Sharing
Apalagi ada yang telah mulai berinisiatif lakukan e-mail broadcast untuk sediakan sarana berbagi transportasi dengan mengatakan rute -rute perjalanannya sampai pick-up points yang dilewati dengan duit pengganti perbulannya.

Ide berbagi transportasi juga bisa dikerjakan pada sesuatu keluarga dengan langkah menginformasikan sesuatu gagasan perjalanan pada seluruh bagian keluarga. bilamana ada gagasan perjalanan yang lain sedikit jam perjalanannya maka perjalanan tersebut bisa dipadukan.

Korporasi-korporasi telah sepatutnya lakukan manajemen berbagi transport ini di dalam mengatur perjalanan bisnis mereka.


Previous
Next Post »